Monday, January 10, 2011

Penerapan Manajemen Pada Dunia Usaha atau Kerja


Pendahuluan
          Dalam dunia usaha sangatlah dibutuhkan sistem kerja yang teratur agar bisa menghasilkan keuntungan dalam usaha yang dijalani. Segala upaya akan dilakukan untuk meraih tujuan suatu perusahaan dan tentunya harus dengan efektivitas penggunaan sumber daya yang efektif dan efisien. Dan seiring dengan berkembangnya perusahaan maka akan meningkat pula kegiatan dalam perusahaan tersebut.Perusahaan atau usaha yang sedang meningkat itu juga akan sangat membutuhkan organisasi yang bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan, mengawasi, serta mengevaluasi kinerja para pekerja agar dapat mencapai tujuan umum dari perusahaan tersebut. 

Isi
          Bagi seorang pengusaha manajemen sangat berperan serta demi kelangsungan kehidupan usahanya.Hal itu tampak , misal dalam memenejemen berbagai hal , misal dalam ketepatan mengerjakan tugas atasan maupun dalam kehidupan rumah tangganya.
            Seperti yang sudah kita ketahui manajemen yang berarti mengatur, penerapan manajemen sangat penting untuk dunia usaha untuk perencanaan, pengorganisaian, pengordinasian, dan pengontrolan sumberdaya agar mencapai tujuan secara efektif dan efesien sehingga usaha bisa lebih maju.
            Dalam konteks pengembangan bisnis, diperlukan pembentukan paradigma kolektif. Semua satu bahasa, satu langkah, dan satu tujuan. Paradigma kerja ditampilkan ke permukaan dan diterjemahkan oleh semua pelaku bisnis dalam perusahaan. Dengan paradigma dapat dicegah terjadinya kerugian-kerugian perusahaan melalui pendekatan kerja yang efisien. Pola kerja yang sinergis antarunit di perusahaan dibentuk lewat sistem koordinasi yang efektif. Karena itulah sebaiknya pihak manajemen memiliki kemampuan dan pengalaman dalam menerapkan praktek-praktek ilmu organisasi pembelajaran dan manajemen pengetahuan.
             Kriteria utama dalam proses pembelajaran di bidang manajemen masih digunakan dalam keberhasilan meluluskan mahasiswa.Diasumsikan ketika mereka bekerja di masyarakat akan menunjukkan performa yang prima. Penelitian menunjukkan gambaran hasil yang tidak signifikan. Menurut Belbin (1981), kelompok karyawan dengan kecerdasan di atas rata-rata tidak memiliki kemampuan untuk bekerjasama di kelompoknya. Hal ini juga diperkuat bahwa lulusan MBA (mewakili yang berintelegensia tinggi) terlalu analitis namun kurang mampu berhubungan dengan orang lain dan berpikiran sempit (Ed Griffin,1981). Disinilah tampak bahwa kemampuan yang berbasis soft skills seperti dalam hal; empati, kreatifitas, prakarsa, kerjasama, dan komunikasi menjadi sangat penting dalam mengembangkan manajemen kerja dan kinerja.

Penutup
          Dengan demikian agar bisnis bisa hidup berkembang maka ia harus berorientasi pula pada kepentingan aspirasi ekonomi dan non-ekonomi masyarakat atau kepedulian kepada aspek  sosial dan lingkungan. Tidak ayal lagi untuk itu kemampuam manajemen yang dibutuhkan bukan saja dalam dimensi keterampilan manajerial tetapi juga yang menyangkut penguasaan ilmu humaniora dan politik. Ibarat peribahasa hidup tanpa manajemen , bagi sayur tanpa garam. Nampaklah jelas bahwa manajemen sangatlah berpengaruh besar terhadap kehidupan dunia usaha , tingkat keberhasilan seorang pengusaha erat kaitanya dengen kesuksesanya dalam menerapkan manajemen . Tak hanya berorganisasi, tapi dalam kehidupan sehari-hari pun segala jenis dan macam manajemen baik itu manajemen waktu, manajemen pengetahuan, dan lain-lain akan sangat bermanfaat bila diimplementasikan secara tepat pada sasarannya masing-masing.
           

           
         
Kesimpulan                                               
          Menurut saya, banyak keuntungan jika kita menerapkan manajemen dalam dunia bisnis atau usaha . Jika kita dapat menerapkannya dengan baik , maka usaha yang kita jalan kan akan berkembang dengan pesat .

No comments:

Post a Comment