Monday, January 10, 2011

BAAK ( Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan)


BAAK Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma merupakan universitas terkemuka di bidang komputer dan sistem informasi. Universitas ini juga berbasis teknologi komputer yang menunjang segala aktivitas perkuliahan maupun non perkuliahan. Universitas Gunadarma merupakan perguruan tinggi swasta terbaik di indonesia yang menduduki peringkat  5 besar tingkat nasional tepatnya peringkat 5, walaupun turun satu peringkat dari tahun lalu yang meraih peringkat 4. Di atasnya terdapat UGM, ITB, UI, PETRA CHRISTIAN, baru kemudian Universitas GUNADARMA, dan diikutin oleh UNIVERSITAS NEGERI MALANG dan Institut Teknologi Sepuluh November ( Webometrics  02/2010 ).
Universitas Gunadarma sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang MENGEDEPANKAN teknologi informasi tentu perlun adanya suatu sistem untuk menyebarkan informasi secara cepat dan tepat kepada mahasiswa. Apalagi saat ini Universitas Gunadarma memiliki 9 kampus dan ribuan mahasiswa.
BAAK merupakan singkatan dari Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan. BAAK sendiri merupakan sebuah fasilitas online yang diberikan oleh Universitas Gunadarma dalam menyampaikan informasi dan berita kepada para mahasiswanya. Tidak hanya itu  BAAK juga dapat menangani masalah yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar dan masalah administrasi akademik.
Jadi untuk para mahasiswa Universitas Gunadarma yang ingin mengetahui/mencari informasi dan berita terkini tidak perlu repot-repot datang ke kampus, kalian langsung aja buka situs ini.
Di dalam situs BAAK ini terdapat beberapa fitur yang disediakan, diantaranya :
1.     Home : ini merupakan tampilan awal ketika kita masuk ke dalam situs tersebut. Di sini kalian dapat mencari berita terkini dan informasi seperti jadwal akademik, info mahasiswa, perkuliahan & ujian, administrasi akademik.
2.     Tentang BAAK : di sini berisi tentang profil BAAK, struktur BAAK dan lokasi BAAK.
3.     FAQ : ini merupakan menu yang apabila kita masuk ke dalamnya akan langsung menuju UG PEDIA. Di sini kita dapat mencari dan menanyakan informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma.
4.     Situs SAP : merupakan singkatan dari Satuan Acara Perkuliahan yang di dalamnya berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan.
5.     Buku Pedoman : di sini terdapat beberapa buku pedoman seperti penyusunan silabus, penyusunan SAP, proses belajar mengajar, PA & walikelas, kemajuan belajar, tata krama dosen, dan tata krama mahasiswa.
6.     Situs Jurusan : di sini berisi situs dari semua jurusan di Universitas Gunadarma.
Itu merupakan penjelasan singkat dari beberapa fitur yang tersedia di BAAK.
Kelebihan dari situs ini :
Kita dapat mencari informasi dan berita tentang semua kegiatan di Universitas Gunadarma dengan mudah. Ini merupakan situs yang sangat bermanfaat terutama bagi mahasiswa Universitas Gunadarma.
Kekurangan dari situs ini :
Sampai saat ini saya belum menemukan kukurangan atau mengeluhkan sesuatu dari situs ini jadi saya belum bisa memberikan gambaran tentang kekurangan situs ini. Tetapi,  dalam pembalasan email kadang terjadi keterlambatan. BAAK sangat berguna bagi mahasiswa untuk mendapatkan informasi tentang admininstrasi akademik dan kemahasiswaan. BAAK merupakan unit yang berfungsi memberikan pelayanan informasi kepada mahasiswa. kita dapat mengetahui berita terbaru tentang kemahasiswaan dengan cara mengakses situs ini. kita juga dapat mencari data berdasarkan data yang dimilik oleh BAAK.

No comments:

Post a Comment