Monday, January 10, 2011

Penerapan Manajemen Dalam Kehidupan Mahasiswa


Pendahuluan

  
         Manajemen adalah merupakan kerjasama dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan pengawasan (controlling).
            Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.

Isi

          Penerapan manajemen yang ada pada kehidupan mahasiswa diantaranya :
1.Keterampilan manajemen waktu
Merupakan keterampilan yang merujuk pada kemampuan seorang mahasiswa untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana.
2.Keterampilan manajemen perencanaan
Merupakan keterampilan yang dilakukan mahasiswa untuk dapat merencanakan apa yang bisa menjadi motivasi untuk mencapai suatu masa depan atau tujuannya agar tidak salah jalan.
3.Keterampilan manajemen pengorganisasian
Merupakan keterampilan yang dilakukan mahasiswa untuk dapat membagi atau menjadwalkan setiap kegiatannya secara bijaksana .
4.Keterampilan manajemen pengarahan .
Keterampilan manajemen yang dilakukan mahasiswa dalam mengarahkan atau menempatkan sesuatu hal secara bijaksana .

           
Salah satu cara bagi mahasiswa untuk memanajemen waktu mereka adalah dengan cara sistem siklus pada setiap tahun ajaran atau tiap semester. Cara ini terbukti cukup ampuh dan sangat mudah, langkah pertama adalah mahasiswa diwajibkan membuat tujuan mereka nanti agar bisa memperkuat mereka dalam memanajemen waktu mereka. Langkah kedua adalah mencari penggunaan waktu yang tepat agar semua kegiatan yang kita lakukan dapat berjalan sesuai rencana. Langkah ketiga adalah membangun kesadaran bagaimana kita akan menggunakan waktu sebaik mungkin. Langkah keempat adalah membuat rencana bagaimana waktu yang akan kita lewati tersusun dengan baik termasuk rencana harian, rencana bulanan, atau rencana semesteran. Langkah terakhir adalah memantau sejauh mana kita bisa menjalankan rencana dengan baik sekaligus sebagai bahan evaluasi bagi kita untuk menyusun rencana yang akan datang.
           
Penutup

          Dari penjelasan dan ulasan di atas, nampaklah jelas bahwa manajemen sangatlah berpengaruh besar terhadap kehidupan mahasiswa, terutama jika berorganisasi. Bukan hanya berorganisasi, tapi dalm kehidupan sehari-hari pun segala jenis dan macam manajemen baik itu manajemen waktu, manajemen pengetahuan, dan lain-lain akan sangat bermanfaat bila diimplementasikan secara tepat pada sasarannya masing-masing.
                       

           
         
Kesimpulan
          Menurut saya, manajemen itu penting sekali dalam hidup. Semua kegiatan, apa pun itu harus di-manage. Dengan adanya manajemen, semua kegiatan kita bisa terlaksana sebagaimana mestinya. Karena sudah ada schedule atau jadwal, jadi kegiatan kita tidak akan terbengkalai. Jadi sesuai dengan apa yang telah kita jadwalkan dan ada patokan untuk melaksanakan kegiatan yang telah kita rencanakan itu. Jadi, kita harus memanage apa yang kita akan lakukan.

No comments:

Post a Comment