Tuesday, January 11, 2011

Akibat pergaulan bebas, remaja menjadi bersitegang dengan orang tua


Pertentangan antarkeluarga atau orangtua dengan anak selama masa remaja biasanya disebabkan standar prilaku yang berbeda . sikap yang sangat kritis dari remaja, metode disiplin yang digunakan orang tua diangap tidak adil atau kekanak-kanakan, larangan mengenai waktu pulang dengan siapa dya berhubungan. Jadi upayakan untuk besinegri dengan remaja dengan hal ini dengan lebih banyak menjalani komunikasi terbuka sehingga dapat mengurangi perbedaa  dan konflik.

Bagaimanapun remaja ingin didengar pendapatnya. Penilaiyan moralnya yang menjadi semakin kognitif mendorong nya lebih berani mengungkapkan pemikiran nya dengan menganalisa kode sosial dan kode pribadi dibandingkan waktu masih kanak-kanak, serta berani mengambil keputusan terhadap berbagai masalah yang dihadapinya. Itu sebabnya adakalanya tak perlu bantuan ayah atau bunda.

Namun mereka juga harus mengetahui dan memahami keterbatasan yang mereka miliki. Tentu ada aturan-aturan nya yang ditaati karena didunia orang dewasa pun harus bersikap arif dan tidak bersikeras memaksakan kehendak karena justru akan memperbesar konflik antara anak remaja dengan orang tua.

No comments:

Post a Comment